Jurnal pdf akseptor kb pil dengan kenaikan berat badan

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan kontrasepsi hormonal dengan kenaikan berat badan. Weight gain that arises due to hormonal contraceptive use occurs because acceptors do not maintain or adjust her diet and exercise.

Kelemahan dari kontrasepsi adalah terganggunya pola haid diantaranya adalah amenorhoe, menoragia dan muncul bercak spottingterlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian, pertambahan berat badan 1,5 - 2 kg dan berat badan pada kunjungan pertama.

Saat ini tersedia banyak metode atau alat kontrasepsi meliputi IUD, suntik, pil, implant, kontap, kondom. BAB 2 A. Diperkirakan sekarang ini lebih dari 60 juta wanita di dunia menggunakan kontrasepsi oral dan lebih dari 10 juta menggunakan sediaan suntikan dan implant Baziad, Dalam memilih suatu metode, wanita harus menimbang berbagai faktor, termasuk status kesehatan mereka, efek samping potensial suatu metode, konsekuensi terhadap kehamilan yang tidak diinginkan, besarnya keluarga yang diinginkan, kerja sama pasangan dan norma budaya mengenai kemampuan mempunyai anak Maryani, Meskipun kontrasepsi hormonal menimbulkan berbagai dampak pada organ reproduksi maupun perubahan berat badan, namun kontrasepsi hormonal merupakan salah satu alat kontrasepsi yang penggunaanya meningkat dengan tajam.

Meningkatkan penggunaan metode kontrasepsi yang efektif dan efisien. Using secondary data. Pertambahan berat badan disebabkan oleh retensi cairan, bertambahnya lemak pada tubuh, dan meningkatkan selera makan Hartanto, Kata kunci: Manfaat Praktis Sebagai masukan untuk mendapatkan hubungan pemakaian kontrasepsi dengan peningkatan berat badan sehingga dapat meningkatkan mutu pelayaan kesehatan mengenai penanganan tentang KB.

Saat ini tersedia banyak metode atau alat kontrasepsi meliputi IUD, suntik, pil, implant, kontap, kondom. Mengontrol waktu saat kelahiran dalam hubungan dengan umur suami istri f. Efek Samping 1 Gangguan haid, ini yang paling sering terjadi dan yang paling mengganggu.

Menentukan jumlah anak dalam keluarga Dari kedua pendapat tentang pengertian Keluarga Berencana diatas dapat disimpulkan bahwa KB dimaskudkan untuk menciptakan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan perencanaan melalaui metode tertentu dalam kehidupan suami istri.

Kelemahan dari kontrasepsi suntik adalah terganggunya pola haid diantaranya adalah amenorhoe, menoragia dan muncul bercak spottingterlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian, pertambahan berat badan 2 kg dari berat badan pada kunjungan pertama Saifuddin, S Departement kenaikan berat badan dan obesitas.

Sedangkan peserta KB aktif di Provinsi Aceh secara keseluruhan pada bulan juli mencapaiAkseptor atau peserta KB lama, yaitu peserta yang masih menggunakan kontrasepsi tanpa diselingi kehamilan.

Efek samping kontrasepsi suntik yang paling tinggi frekuensinya adalah kenaikan berat badan. Kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dalam penelitian ini kriteria sampel yang akan diambil adalah sebagai berikut bersedia menjadi responden, bisa membaca dan menulis, merupakan akseptor kontrasepsi hormonal yang pemakaiannya selama kurun waktu bulan. Diharapkan untuk ibu-ibu yang menggunakan kontrasepsi hormonal baik jenis suntikan, pil dan implant untuk menjaga pola makan dan olahraga guna menghindari kenaikan berat badan yang berlebihan.

Landasan Teori 1. Markum, AH, Observational analytic research with cross sectional design. Mekanisme kerja Suntikan KB. It is suggested to women that use hormonal contraceptives such as injection, pill and implant to adjust her diet and exercise to avoid excessive weight gain.

Keluarga Berencana menurut WHO World Health Organisationexpert committee adalah tindakan yang membantu individu atau asangan suami istri untuk: Akseptor atau peserta KB ganti cara, yaitu peserta KB yang berganti pemakaian dari suatu metode kontrasepsi ke metode kontrasepsi lainnya.

Tabel 5. Dalam penelitian ini pengambilan sampel disesuaikan dengan rumus yang dikemukakan oleh Slovindikutip HASIL Data Demografi Responden Adapun yang termasuk kedalam data demografi yaitu mencakup usia responden, pendidikan terakhir dan pekerjaan, yang berikutnya dapat dilihat pada uraian berikut ini: Pada wanita yang berusia antara 20 — 30 tahun, kontrasepsi suntik merupakan pilihan kedua setelah IUD, pada usia ini merupakan fase untuk menjarangkan kehamilan dibutuhkan suatu alat kontrasepsi yang mempunyai daya kerja lama dan salah satunya kontrasepsi suntik.

0 JURNAL PI_PARADIAN, AMALINA, HARPENI

The hormone progesterone is one of the causes of weight gain. The research design was descriptive correlative with cross sectional approach and 54 respondents were picked by using purposive sampling technique. Dan untuk mendapatkan gambaran nyata tentang kejadian peningkatan berat badan yang dialami akseptor kontrasepsi suntik maka perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara kontrasepsi suntik dengan peningkatan berat badan 1.

Efek berlanjut dari Di Amerika Serikat kenaikan berat badan kenaikan berat badan adalah obesitas yaitu dan obesitas menjadi masalah kesehatan dapat menimbulkan peningkatan lemak masyarakat yang paling penting.Rata-rata kenaikan berat badan pada akseptor KB suntik kombinasi dan DMPA.

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN KENAIKAN

Tabel 4. 2 Rata-rata Kenaikan Berat Badan pada AkseptorKB Suntik Kombinasi dan DMPA Jenis KB Suntik BB Awal Mean ± Std Kombinasi 47,69 3,76 DMPA 49,33 2,62 Berdasarkan tabel dapat. Download kontrasepsi suntikan dengan kenaikan berat badan (p-value = 0,) dan ada hubungan antara penggunaan.

dari bidan desa Batoh, hingga akhir bulan 3 maret terdapat akseptor (suntikan sebanyak 62 akseptor, pil sebanyak bukan faktor utama yang menyebabkan kenaikan berat badan ditunjukkan hasil uji signifikansi chi square Cochran Mantel dan Haenszel didapatkan hasil X 2 Mantel dan Haenszel sebesar dengan.

jurnal kebidanan dan kesehatan (journal of midwifery and health) diterbitkan oleh akademi kebidanan mardi rahayu kudus vol. 7, no. 1 issn: vol. 7, no. 1 kudus hal. januari hubungan lama penggunaan kb suntik dmpa dengan peningkatan berat badan pada akseptor kb di klinik pratama lestari wedarijaksa pati sri hadi sulistiyaningsih hubungan mutu pelayanan anc dengan frekuensi.

Dari keseluruhan data yang telah dipaparkan di atas, untuk memperkecil resiko pemakaian kontrasepsi terhadap peningkatan berat badan perlu diadakannya penyuluhan yang menyeluruh kepada seluruh akseptor KB baik yang terkait dengan kesehatan alat reproduksi, kesehatan ibu Author: Bejo Net Community.

HUBUNGAN KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR, Free Medical eBooks-Lectures- Medical Videos -pdf-journal-askep, HUBUNGAN KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR.

Jurnal pdf akseptor kb pil dengan kenaikan berat badan
Rated 4/5 based on 84 review