Makalah metabolisme lipid biokimia

Pada akhirnya, kilomikron yang tersisa yang lemaknya telah diambildibuang dari aliran darah oleh hati. Sebanyak 0,25 gr lipid padat ditambahkan 10 ml kloroform. Kolesterol Kolesterol adalah jenis lemak yang paling dikenal oleh masyarakat.

Akibatnya, jantung kesulitan untuk memompa darah dan akibatnya berlanjut ke gejala serangan jantung mendadak. Jadi HDL mencegah kolesterol mengendap di pembuluh arteri dan melindungi dari artherosklerosis.

Perubahan komposisi zat ini dapat mengakibatkan berbagai kelainan saraf. Kelompok senyawa ester ini disebut lipida atau lipid.

Sebaliknya, minyak dalam soda Na2CO3 akan membentuk emulsi yang stabil karena asam lemak yang bebas dalam larutan lemak bereaksi dengan soda membentuk sabun.

Apabila sel membutuhkan energi, enzim lipase dalam sel lemak akan memecah trigliserida menjadi gliserol dan asam lemak serta melepasnya ke dalam pembuluh darah. Lemak dengan BM yang tinggi akan mempunyai bilangan hebner yang rendah.

MAKALAH LIPID

Terdapat tiga sub kelas spingolipid, yaitu Lehninger, Asam-asam lemak dan senyawa-senyawanya yang terkait adalah lipid-lipid yang penting dalam gizi manusia. Berperan dalm metabolisme tumbuhan dan hewan. Reaksi Kimia pada Lipid Lipid memiliki reaksi kimia yang khas, antara lain: Senyawa ini adalah komponen penting dari sisi reseptor spesifik pada permukaan membrane sel.

Kelompok glikolipid ini banyak terdapat di luar membran sel terutama sel-sel syaraf. Fungsi dasar dari gliserida netral adalah sebagai simpanan energi berupa lemak atau minyak. Setiap gliserol mungkin berikatan dengan 1, 2 atau 3 asam lemak yang tidak harus sama.

Pada jaringan lemak, otot dan darah trigliserida akan dihidrolisis oleh enzim lipoprotein lipase dan sisa dari hidrolisis tersebut kemudian dimetabolisme menjadi LDL.

Lemak cadangan ini tidak statis sifatnya tetapi selalu diperbaharui dan perubahannya dibantu oleh adanya enzim lipase dan koenzim dalam proses metabolisme lemak dalam tubuh. Ciri khas yang umum dijumpai di semua lipid adalah kandungan hidro-karbonnya diturunkan dari polimerisasi asetat yang diikuti dengan reduksi rantai segera setelah rantai itu terbentuk.

Asam lemak terbagi atas dua golongan, yaitu asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. Biasanya, satu atau kedua gugus hidroksil ini terasilasi dengan asam lemak berantai panjang, meski terdapat gliserofosfolipid yang terikat dengan alkil dan 1Z-alkenil plasmalogen.

Pada umumnya asam lemaknya adalah palmitat dan alkoholnya mempunyai atom C sebanyak Dipakai sebagai pelindung kulit dan bulu,pelindung daun dan buah atau sebagai sekresi. Asam lemak Asam lemak merupakan asam monokarboksilat rantai panjang.

Selanjutnya ditambahkan ml aquadest kemudian dititrasi dengan Na2S2O3 0,1 N, larutan menjadi kuning, setelah itu ditambahkan dengan 2 ml indikator kanji sampai larutan berwarna putih dan dititrasi lagi dengan Na2S2O3.

Ketiganya mengandung ikatan rangkap lebih dari satu dan termasuk ke dalam poly unsaturated fatty acids atau asam lemak tak jenuh.Denganmempelajaribiokimia tentang lipid bagaimana penyimpanan,pengangkutan,dan metabolisme dari lipid serta gangguan yang terjadi dalam lawsonforstatesenate.comh membaca makalah ini pembaca diharapkan dapat menerapkan di dalam dunia lawsonforstatesenate.com: A.R.

MAKALAH BIOKIMIA LIPIDA Digunakan untuk memenuhi tugas mata kuliah biokimia yang dibimbing oleh Dr. Arie Sri N. Oleh: Merry Hastyani () Arini Nur Indah.L () Alfiatus Rizky () Aprilia Ratna Ningsih ( Makalah BIOKIMIA “ LIPID DAN FUNGSINYA “ OLEH: MISWANDI TENDRITA (A1C2 10 ) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI KATA PENGANTAR Assalamu΄Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan Taufik Author: March 19, Makalah biokimia lipid 1.

[BIOKIMIA LIPID] [Pick the date] K h a y y u H a n i f a h / 6 4 1 1 4 1 3 0 9 4 Page 1 BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Lipid adalah biomolekul yang tidak larut di dalam air, karena lipid umumnya merupakan molekul yang memilikigugs non polar, sedangkan air merupakan molekul yang memiliki gugus polar. Dalam Biokimia, Lipida mempunyai fungsi, memiliki sifatnya tersendiri, lipida juga dibagi dalam beberapa bagian, dan lipida sangat bermanfaat bagi manusia.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan menyusun sebuah makalah mengenai lawsonforstatesenate.com: Taufiq Abdullah. Berdasarkan tujuan di atas, makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menunjang materi perkuliahan khususnya materi tentang metabolisme lipid pada materi Biokimia BAB II PEMBAHASAN.

Makalah metabolisme lipid biokimia
Rated 4/5 based on 36 review