Susu menetralkan obat

Pada umumnya, kebanyakan obat tidak dipengaruhi oleh makan. Biasanya obat golongan tetrasiklin ini digunakan untuk mengobati infeksi jenis yang sama seperti yang diobati penisilin Obat golongan ini digunakan untuk mengobati infeksi pada saluran napas bagian atas seperti sakit tenggorokan, flu, untuk infeksi telinga, bronchitis kronik, pneumonia, saluran kemih kandung kemih dan ginjal.

Meminum obat sebelum makan berarti obat tersebut diminum lebih dari satu jam sebelum makan atau dengan kata lain, perut dalam keadaan kosong. Pendapat lainnya dari ahli medis membenarkan bahwa susu bisa bermanfaat untuk membantu korban keracunan, misalnya saat overdosis obat, meski bukan penetralisir racun secara khusus.

Antibiotik yang termasuk kelompok ini ialah sulfonamida, trimetoprin dan asam p-amino salisilat PAS Ganiswarna, Interaksi Antara Beberapa obat. Susu bekerja untuk memperkecil volume racun dalam tubuh, melapisi saluran cerna, dan kandungan laktosanya membantu mempercepat pembuangan racun di dalam tubuh.

Tetapi jika anda masih ragu atau merepotkan lebih baik minum obat dengan air putih saja. Anggapan bahwa susu dapat menetralkan obat berkembang pada tahundimana obat Tetracycline digunakan secara luas sebagai antibiotik. Komponen antibiotik seperti tetrasiklik yang bereaksi dengan susu.

Contohnya adalah Amoksisilin, Metronidazol, obat-obat penghilang rasa sakit seperti Diklofenak, Asam Mefenamat, Ibuprofen. Kalau anda ingin meminum susu, lebih baik jam setelah meminum obat. Sangat disayangkan masyarakat mengambil kesimpulan sederhana bahwa semua obat dapat berkurang khasiatnya jika diminum dengan susu.

Sebagian orang menganggap ini mitos, sebagian lagi menganggap ini fakta. Yuk, cari tahu fakta tentang susu dan pengaruhnya terhadap obat. Jenis yang terkenal adalah aspirin dan ibuprofen. Susu menetralisir obat dengan cara melapisi saluran cerna dan mengurangi absorpsi atau penyerapan antibiotik dalam tubuh.

Pada dasarnya suatu infeksi dapat ditangani oleh sistem pertahanan tubuh, namun adakalanya sistem ini perlu ditunjang oleh penggunaan antibiotik. Artinya antibiotik harus bersifat toksik untuk mikroba, tetapi relatif tidak toksik untuk hospes.

Susu Menetralkan Obat, Fakta atau Mitos?

Obat yang mengandung tiroid juga akan bereaksi terhadap kandungan kalsium dalam susu. Antibiotik yang digunakan untuk membasmi mikroba penyebab infeksi pada manusia, harus memiliki sifat toksisitas selektif Ganiswarna, Sesuai dengan prinsipnya, obat bekerja seperti racun dalam tubuh, sehingga ketika kita mengkonsumsi obat bersamaan dengan susu, obat tersebut akan dinetralisir oleh susu.

Antibiotik yang termasuk kelompok ini ialah penisilin, sefalosporin, basitrasin, dan vankomisin. Kandungan protein, kalsium, dan fosfor mendukung pembentukan sel atau jaringan baru sehingga mempercepat proses pemulihan.

Pada dasarnya, memang terdapat interaksi antara beberapa jenis antibiotika dengan susu, akan tetapi tidak membuat obat tersebut menjadi tidak berkhasiat atau netral. Selain susu, jus jeruk juga banyak mengandung kalsium, sehingga tidak dianjurkan diminum bersamaan dengan jenis obat di atas.

Antibiotik penghambat metabolisme mikroba. Meminum obat setelah makan berarti obat diminum lebih dari dua jam setelah makan atau dengan kata lain perut harus dalam keadaan kosong. Jenis yang terkenal adalah aspirin dan ibuprofen.

Antibiotik pengganggu fungsi membran sel mikroba. Hal ini karena kinerja obat dan suplemen tersebut didukung oleh berbagai kandungan susu. Lantas benarkah susu akan menjadi penetral ketika diminum bersamaan dengan obat?

Mungkin Anda pernah mendengar anjuran ketika terdapat kasus keracunan sebaiknya diberi banyak susu untuk menetralkan racun dalam tubuh.

Contoh obatnya adalah Ampisilin, Siprofloksasin, Bactrim. Memang betul, tetrasiklin tidak boleh diminum berbarengan dengan susu.

Namun hal yang perlu digaris bawahi bukan menjadikannya netral, melainkan terganggu penyerapannya. Kembali Sehat Dengan Obat. Gejala infeksi terjadi akibat gangguan langsung oleh mikroba dan berbagai zat toksik yang dihasilkan mikroba.

Antibiotika jenis Tetracycline, Cyprofloxacin dan suplemen Fe zat besiapabila dikonsumsi bersamaan dengan susu, akan terjadi gangguan penyerapannya di lambung maupun usus. Akibatnya penyerapan dan efektivitas obat pun terhambat.

Tak dapat dipungkiri, banyak mitos yang muncul di kalangan masyarakat terkait anggapan anggapan bahwa minum susu bersamaan dengan minum obat akan menyebabkan obat menjadi netral atau tidak berkhasiat.

Lantas benarkah susu akan menjadi penetral ketika diminum bersamaan dengan obat? Obat yang dikonsumsi secara oral akan lebih efektif bagi seseorang jika dikonsumsi dengan cara pemakaian yang benar dan diserap dengan baik oleh tubuh.Di kalangan masyarakat, masih berkembang anggapan bahwa susu akan menetralkan obat jika diminum bersamaan.

Tentu anggapan ini salah. Tentu anggapan ini salah. Susu tidak menetralkan obat. Memang betul, tetrasiklin tidak boleh diminum berbarengan dengan susu.

BENARKAH SUSU MENETRALKAN OBAT, MITOS ATAU FAKTA?

Namun disayangkan masyarakat mengambil kesimpulan sederhana bahwa semua obat dapat berkurang khasiatnya jika diminum dengan susu, dan berpendapat bahwa kurang berkhasiatnya obat tersebut karena susu mampu menetralkan obat. Anggapan bahwa susu dapat menetralkan obat berkembang pada tahundimana obat Tetracycline digunakan secara luas sebagai antibiotik.

Tetracycline memang tidak boleh diminum bersamaan dengan susu. Susu mengandung protein yang bersifat menetralkan racun. Mungkin Anda pernah mendengar anjuran ketika terdapat kasus keracunan sebaiknya diberi banyak susu untuk menetralkan racun dalam tubuh. Sedangkan obat-obatan yang boleh dan bahkan dianjurkan diminum dengan susu adalah griseofulvin, serta vitamin A, D, E, dan K.

Hal ini karena kinerja obat dan .

Susu menetralkan obat
Rated 3/5 based on 15 review